Sabtu, 30 April 2016

Nostalgia : JAJANAN MASA KECIL (Jajanan Jadul)

Halo-halo kalian para generasi 90'an atau generasi tahun-tahun yang lain yang sekarang mulai beranjak dewasa :D

Masa kecil pasti tidak akan lepas dengan jajanan/makanan anak-anak yang kalian beli disekolah atau diwarung tetangga. Oke deh kali ini bakalan bernostalgia dengan jajanan jadul yang sering dulu waktu masih kecil makan. Dan admin bukannya promosi atau gimana, tapi hanya ingin flashback dengan jajanan dulu waktu kecil yang sempet nge'hitz'!

1. Permen Karet "YOSAN"



Ya, siapa sih yang dulu gak tau permen karet ini? Permen karet yang pernah jaya dimasanya :D 
Apalagi dulu ada kayak kuis gitu untuk mengumpulkan huruf agar bisa disusun dengan kata "Y-O-S-A-N" untuk dapat hadiahnya. Pasti kalian pernahkan untuk ngumpulin huruf-huruf itu? :3

2. Coklat "Choyo-Choyo"

 
Nah, kalian pasti juga pernah makan jajanan yang satu ini. Dulu sih seringnya kalau di warung ada Choyo-choyo yang digantung ditembok warung dan kita penasaran pengen beli dan ternyata rasanya itu juga 'well' kok :)
Choyo-Choyo ini kayak varian dari YOSAN dan masih satu pabrik. Ada versi cup dengan coklat warna hijau, coklat, putih, kuning, dan pink ada juga versi stick.

3. Mie "ANAK MAS"



Oke! ni pasti kalian juga pada tau. Ya, mie Anak Mas dengan ada bumbu dan langsung dimakan ini enak banget dikala waktu kecil sambil main bareng temen-temen.
Beberapa tahun ini Anak Mas memproduksi dengan kemasan baru tapi sekarang malah jarang ditemui :(

4. Mie "FAJAR"


Ada yang tau dari kalian dari mie ini? Mie Fajar yang dulu dijual 500 perak, mie ini seperti mie instant soalnya dibelakang bungkusnya ada petunjuk cara pembuatan seperti mie instant seperti pada umumnya. 
Mie ini sempat menjadi legend dan enak dengan rasa gurih dan asin tapi admin pernah masak seperti petunjuk dibelakangnya tapi kok malah kurang mantab rasanya soalnya hanya ada dua bumbu yaitu bumbu mie dan cabe bubuk.
Dulu sih bingung ini mie langsung dimakan atau mie kuah? Hahaha :D

5. Mie "GEMEZ"

Dari kalian ada yang ingat gak sama mie ini? Ya, Mie gemez! Dulu sih waktu hari Minggu sering banget mie ini di iklanin di RCTI waktu sambil nonton kartun. 
Ya sejenis mie-mie yang langsung dimakan pada umumnya dengan icon seperti boboho dibungkusnya :3

6. Mie "REMEZ"


Banyaknya mie langsung dimakan beredar dipasaran dan muncul mie "Remez" keluaran dari ABC. Ya sesuai namanya, mie ini harus diremes dulu sebelum dimakan :D
Mie ini mulai menghiasi kantin dan warung-warung dekat rumah ya sekitar tahun 2006-2007an.

7. Mie "KRIP-KRIP"


Mie ini sejenis mie kering yang langsung dimakan pada umumnya. Dulu sih waktu jajan mie ini belinya gak hanya satu soalnya bungkusnya kecil banget dan harganya juga terjangkau.
Sekarang ini mie ini masih ada dipasaran walaupun berbeda bungkus seperti dulu.

8. Permen "TAC"


Dari kalian ada yang tau permen ini? Permen yang dijual rentengan waktu diwarung ini dulu dikira obat dan ternyata adalah permen -_-
Yap, permen ini ada 2 varian rasa yaitu jeruk dan stoberi.

9. Snack "CHICKI"


Pasti kalian udah gak asing dengan jajanan yang satu ini. Ya, benar CHICKI. Mungkin dinamakan Chicki sesuai dengan bungkusnya bermaskot ayam kuning. 
Suka banget sama snack ini dengan 3 varian rasa yaitu ayam, coklat dan keju. Dibalik kemasan ada lagu tentang snack Chicki tapi sampai sekarang gatau nadanya gimana -_-
Yang diheranin yaitu dulu emak menyebut SEMUA JAJANAN DIWARUNG DENGAN NAMA CHIKI TANPA MEMANDANG MEREKNYA :D hahaha... 

10. Snack "TARO"


Yap snack Taro sampe sekarang masih eksis abis. Dulu sih snack ini tergolong snack menengah keatas sih. Dulu waktu kecil bawa bungkus taro yang sedang itu berasa snack yang besar banget :v

11. Snack "KENJI"


Yap snack ini dulu memikat hati anak-anak dimasa dulu soalnya adanya hadiah didalamnya. Bentuknya sih seperti Taro dengan rasa gurih.

12. Snack "Gulai Ayam"


Snack ini juga menjadi trend dimasa SD dulu. Dengan karakteristik banyak gembung udara  di kemasan snacknya dan rasanya yang agak pedas dan gurih asin, membuat snack ini menjadi favorit :3 
Oh ya adanya juga hadiah didalamnya seperti jepit rambut, penghapus, pluit dan macam-macam.

13. Wafer "Superman"


Wafer ini sempat hitz ada dikantin dan warung deket rumah. Bahkan dijaman emak gue dulu wafer ini sudah ada!
Sekarang wafer ini telah berubah nama dengan nama "Superstar" 

14. Snack "Komo"


Ada yang tau snack ini? Snack komo yang menjadi jajanan waktu SD dulu. Dengan harga 500 rupiah snack ini dulu ada juga hadiah didalamnya jika ada tulisannya, gak main-main hadiahnya ada 5000 ribu lo! Dulu sih 5000 itu udah termaksud uang yang gedhe lo -_-

15. Permen Rokok


Haha dulu sih kalo makan permen ini pulang-pulang dirumah sempet dimarahin ortu karena dikira ngerokok padahal ini permen -_- 
Biasanya temen-temen cowok yang makan ni permen. Inovasinya si pembuat ini bener-bener kocaklah! biar anak-anak dulu gak coba-coba dengan rokok :D

16. Permen Kaki "Hot-Hot Pop"


Permen ini unik banget bentuknya. dengan bentuk kaki warna merah membuat permen ini menarik anak-anak untuk beli.
Permen ini dulu juga sering diiklankan di TV waktu minggu pagi :3

17. Permen Payung


Oke pasti kalian gak asing dengan permen ini. Yap, permen payung. Dengan bungkus warna-warni permen payung rasa coklat ini tak lupa dibeli waktu diwarung. Ada versi yang kecil-kecil ada juga versi yang besar.

18. Permen "DAVOS"


Dulu liatin babe dan kakek suka ngemut permen ini katanya biar gak batuk. Sempet dulu nyoba permen ini tapi malah gak suka karena rasa mint yang semriwing banget malahan dulu waktu kecil bilangnya pedes kayak lagi kepedesan cabe gitu -_-

19. Permen "JAGOAN NEON"


Permen ini juga jadi hitz dulu waktu kecil karena permen ini juga waktu hari minggu pagi diiklanin di TV sambil nungguin acara kartun favorit ditayangin. 
Keunikan permen ini lidah kita jadi bewarna :D , permen ini masih ada dipasaran kok.

20. Permen "SUGUS"


Ada diwarung dan waktu lebaran permen ini juga ada. Permen berbentuk kotak ini dengan bungkus warna-warni sangat menarik kita-kita dulu untuk menyicipinya. Dengan rasa varian buah dan tekstur yang empuk. :)

21. Permen "KINO"


Ada yang tau gak sih permen ini? Permen yang sempet hitz karena ada hadiah robot mini didalamnya. Dulu sih temen-temen apalagi yang yang cowok banyak yang mengoleksi hadiah dari permen ini.

22. Snack "Tini Wini Biti"

Jajanan dengan nama yang agak ribet dulu waktu kecil ngucapinnya. Tapi waktu kecil dulu juga sering makan snack ini soalnya snack ini menarik dengan bentuknya yaitu gajah, kupu-kupu, kura-kura, bebek, dan ikan.

23. Snack "Potato Tube"
Snack kentang dengan rasa gurih ini tak lupa dulu dibeli diwarung ada juga hadiah didalamnya yang membuat kita sering membelinya.
Tenang aja kok bagi yang pengen nostalgia snack ini masih ada ditoko-toko.

24. Permen Kacamata



Wah dulu permen ini menjadi hitz soalnya dengan warna-warni dan berbentuk seperti kacamata, permen ini masih eksis abis dengan bungkus seperti obat tablet.

25. "Nyam-Nyam"

Snack ini juga dulu wajib dibeli waktu ikut emak di supermarket dan snack ini masih ada sampai sekarang.

26. Permen "Magic Pops"


Gile! Permen ini bisa seperti meledak-meledak dimulut waktu diemut. Keunikan dari permen ini membuat banyak yang suka sama permen ini. 

27. Snack "TWISTKO"


Jajanan ini juga mejadi trend dimasanya. Dengan rasa jagung bakar snack ini tak lupa untuk dibeli.

28. Coklat "Choki-Choki"


Coklat stick dengan panjang kira-kira 12cm ini juga tak lupa untuk dibeli. Banyak juga yang tertarik dengan iklannya di TV.

29. Permen "Dreamy"


Permen rentengan dengan banyak varian rasa ini juga sebagai jajanan wajib saat menemani waktu main bareng temen-temen. 

30. Coklat "JAGO"

 
The last but not least, permen coklat jago! ya permen yang menjadi legend permen coklat dikala dulu. Permen ini ada dari jaman ortu kita *katanya, dinamakan permen jago karena logonya yaitu ayam jantan yang disebut "Jago".

Sebenernya masih banyaaaaaakkkkk jajanan yang menghiasi masa kecil dulu. Waktu kecil dulu itu yang penting tasanya enak dan terjangkau dengan uang jajan kita, walaupun kadang di marahi ortu katanya jajan yang neko-neko. Tapi, yang penting seneng aja deh waktu dulu masih kecil! Jadi pengen balik kemasa kecil ^^




foto dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar